resensi buku : show your work! - austin kleon

Judul Buku : Show Your Work! 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered
Penulis : Austin Kleon
Jumlah Hal. : 65 Halaman (e-book)
Resensi oleh : Winda Lestari
Tanggal : 13 Februari 2015

“Jika anda tidak latihan apa yang sudah dipelajari, Anda lupa 25% dalam 6 jam / 33% dalam 24 jam / 90% dalam 6 bulan berikutnya,” berikut kalimat yang tertulis dalam akun social media twitter @FaktaGoogle. Kalimat tersebut membuat saya terdiam dan teringat mengenai sudah banyak buku yang saya baca namun terlewati begitu saja, tanpa ditulis kembali dan tanpa dipraktikkan. Buku Show Your Work! tulisan seorang ayah muda bernama Austin Kleon menggugah saya untuk menuliskan kembali mengenai ilmu baru yang ada di dalam buku tersebut, dan seperti yang beliau ucapkan, “show your work!,” buktikan karyamu dengan menunjukkannya kepada orang lain.
Kita bisa berbagi banyak dengan orang lain tanpa perlu memendamnya sendiri. Berawal dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari orang-orang seperti, “How di I get my stuff out there? How do I get noticed? How do I find an audience? How did you do it?” Austin Kleon hanya menjawab, “In order to be found, you have to be findable.” Buku ini dapat diterapkan untuk siapapun dan untuk kepentingan apapun, seperti pengenalan suatu produk, karya, kegiatan berbisnis, kegiatan sosial, atau apapun yang memiliki keinginan untuk “dilihat oleh orang lain atau ditemukan”.
Berbeda dari buku tulisan Austin Kleon sebelumnya yaitu Steal Like an Artist yang berisi mencuri ide dari orang lain, buku Show your Work! berisi bagaimana cara mempengaruhi orang lain untuk membiarkan mereka “mencuri” dari kita. Bayangkan jika suatu saat kita keluar dari suatu perusahaan tapi karena kita sering memperlihatkan apa yang kita lakukan di media sosial sehingga orang yang familiar dengan pekerjaan kita bisa membantu kita mencari pekerjaan baru yang cocok, bayangkan suatu perusahaan tidak perlu melihat cv atau surat lamaran kerja kita karena sudah bisa melihatnya di blog atau social media. All you have to do is show your work.
Share something small everyday, be an amateur, become a documentarian of what do you do. Tidak perlu menunjukan bahwa kita sudah jenius di bagian yang sudah kita geluti. Perlihatkanlah proses, bukan hasil. Orang lain suka membaca mengenai proses apa saja yang sudah kita lalui untuk mencapai sesuatu, seperti kesalahan-kesalahan dan kekonyolan yang sudah kita lalui semasa menjalani proses. Tahun 2013, dunia internet jatuh cinta terhadap seorang astronot Chris Hadfield, kolonel stasiun ruang angkasa internasional. Beliau menginginkan jalan untuk membantu orang-orang terhubung dan melihat kehidupan yang dijalani oleh seorang astronot. Commander Hadfield wanted to show his work. Dia mengambil gambar yang dia ambil di ruang angkasa, menggunting kuku dan menyikat gigi di ruang angkasa, menunjukan perawatan pesawat ruang angkasa, dan lain-lain. Beliau sangat disukai dan dicintai, orang-orang mengikuti apa saja yang dia lakukan. Kita memang bukan astronot, tetapi kita bisa membantu orang lain jika kita berbagi tentang keseharian pekerjaan apa saja yang kita lakukan.

Buku ini menarik untuk dibaca, mengajarkan kita arti berbagi, berbagi dan terus berbagi. Semakin banyak yang kita beri, semakin banyak pula ilmu yang kita dapat. Show your work, tell your story.

Comments

Popular posts from this blog

resensi buku : The Giving Tree

resensi buku : surat kopi - joko pinurbo

Menitipkan Matahari