resensi buku : steal like an artist - austin kleon

Judul Buku : Steal Like an Artist : 10 things nobody told you about being creative
Penulis : Austin Kleon
Jumlah Hal. : 43 Halaman (e-book)
Resensi oleh : Winda Lestari
Tanggal : 13 Februari 2015

Art is theft.” – Pablo Picasso. Setiap seniman pasti pernah ditanya mengenai, “Dimana anda bisa mendapatkan ide tersebut?” dan seniman yang jujur pasti menjawab, “Saya mencurinya.” Tidak ada sesuatu pun yang benar-benar “asli”, semua orang mencuri ide-ide dari para pendahulunya atau dari orang lain, dengan suatu penambahan-penambahan atau bahkan pengurangan dari ide sebelumnya. Di Alkitab kita bisa membaca, “There is nothing new under the sun.” – Ecclesiastes 1:9. William Ralph Inge pun berkata seperti berikut, “What is originality? Undetected plagiarism.
Tapi seniman adalah kolektor, bukan seorang penimbun, mereka hanya menyimpan “barang curian” yang mereka sukai. Ambil ide yang diinginkan dan buang yang tidak perlu. Sekolahkan dirimu sendiri, sekolah berbeda dengan halnya pendidikan. Walaupun kita ada atau tidak berada di dalam sekolah, adalah pekerjaan kita untuk tetap terlingkupi dalam pendidikan. Kamu harus memiliki rasa keingintahuan mengenai dnia yang kita tinggali ini. Gunakan google untuk apapun, seperti mimpi kita, masalah, dan apapun. Jangan pernah menanyakan sesuatu kepada orang lain sebelum kita mencari tahu di google. Kau bisa mendapatkan jawabannya atau bisa mendapatkan jawaban yang lebih baik. Kamu harus selalu membaca, datanglah ke perpustakaan, selalu ada keajaiban jika kau dikelilingi oleh buku.

Bawalah pulpen dan kertas kemanapun kau pergi, jangan biarkan idea tau inspirasi yang kau jumpai terlewat begitu saja, curilah sebanyak-banyaknya ilmu dari alam maupun orang lain. Mulailah mengkopi apapun yang menjadi inspirasimu. Fake it ‘til you make it. Pada saat kecil kita mulai mengkopi huruf-huruf alphabet sehingga kita bisa menuliskannya dengan sempurna dan tanpa melihatnya lagi. Kini kau bisa berpura-pura menjadi apapun yang kau inginkan, berpakaian lah seperti mereka, berbicaralah seperti mereka, maka kau akan memiliki keahlian seperti mereka. Jadilah pencuri ide-ide yang baik, bukan sebaliknya.

Comments

Popular posts from this blog

resensi buku : The Giving Tree

resensi buku : surat kopi - joko pinurbo

Menitipkan Matahari