Uang dan Pendidikan

Audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim

Buwin dan Ayah Herry mengambil langkah aman untuk menemani Matahari di usia dininya sekarang. Buwin memilih di rumah dan Ayah Herry mengambil pekerjaan yang memiliki waktu yang sangat fleksibel. Tentunya setiap hal yang kita pilih memiliki plus minusnya sendiri. Hal yang kami anggap keberuntungan saat ini adalah kami bisa terus bersama Matahari, walaupun bisa dibilang kami tidak bisa membelikannya berbagai macam barang.

Sejujurnya terbesit sedikit kekhawatiran tentang biaya pendidikannya kelak. Saat ini saja terdengar bahwa sekolah A, B, C mensyaratkan dana puluhan juta untuk uang pangkalnya saja, belum termasuk dengan biaya bulanan dan lain-lainnya yang jika dijumlahkan akan sangat besar. Belum lagi mengenai cocok atau tidaknya program yang ditawarkan sekolah dengan keinginan kami sebagai orang tua, hmmm.. Melihat kedekatan kami dengan Matahari saat ini, sepertinya kami akan ikut campur tangan dan tidak akan memasrahkan seluruh pendidikannya kepada sekolah saja.

Hal inilah yang mendorong buwin belajar mengenai homeschooling (HS). Ternyata pemikiran Buwin sejak masa kecil dulu tentang HS tidaklah sepenuhnya benar. Dulu Buwin menyangka bahwa HS hanyalah belajar sendirian di rumah dengan cara mendatangkan guru-guru privat yang akan mengajari segala macam. Hal tersebut terdengarnya akan membosankan sekali. Ternyata setelah banyak mencari informasi sana-sini, bentuk HS yang dijalani setiap keluarga bisa sangat beragam.

Ruang belajar HS adalah semesta. HS bisa dilakukan ketika mengunjungi sungai, rumah tetangga, museum, kantor pos, perjalanan di bus, dan dimana-mana. Lalu bagaimana dengan sosialisasi? Anak HS ternyata bisa bebas berkomunikasi dan berteman dengan siapa saja, tanpa batasan umur, agama, dan ras. Semuanya benar-benar tergantung dari nilai-nilai yang dianut oleh keluarga yang sudah memilih jalur HS tersebut.

Hal ini cukup membuka mata Buwin, bahwa ternyata uang bukanlah hal yang pasti berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, dengan uang 30 juta atau bahkan dengan tanpa biaya sama sekali.

Comments

Popular posts from this blog

resensi buku : surat kopi - joko pinurbo

resensi buku : The Giving Tree

Menitipkan Matahari